Cara Dahlan Iskan Berada di Balik Kegelapan

Dalam kesempatan meeting media groub di Surabaya, ada cerita menarik dari Dikrektur Memorandum Sukoto, tentang Dahlan Iskan . “ Kenapa tidak nyalip kendaraan di depan itu,” kata Dahlan Iskan .
“ Jalannya gelap, tempat ini rawan, Bos” ujar Sukoto yang satu mobil dengan CEO Jawa Pos.

Perjalanan darat tersebut, melewati daerah Semarang, Jawa Tengah, menuju dataran tinggi. Daerah ini, rawan kecelakaan. Pada saat saat tertentu, tergolong kawasan padat lalu lintas. Perjalanannya dilakukan pada malam hari. Gelap. Apalagi di sebuah tikungan.
Kan tidak ada sorot lampu dari arah sana, tanda garis garis putus juga kelihatan, jelas Pak Bos Dahlan, cerdik menyikapi kondisi, meski di medan yang berbahaya. “ Pak Dahlan, memang cerdas. Cerdik dan pintar membaca situasi serta tangkas menangkap sesuatu yang ada di depannya,” kata Sukoto, dalam sebuah meeting bersama grup anak perusahaan.
Kegelapan, bukan halangan seseorang untuk masuk dan meliuk liuk di dalamnya. Justru sinar itu ada ketika datang kegelapan. Perjalanan panjang kerap kali jadi halangan seseorang menggapai impian. Apalagi, kalau sudah tahu di depannya adalah gelap. Sebagian orang beranggapan, sangat mustahil, bila dilewati. Akhirnya, tidak sedikit orang pesimis, melewati kegelapan itu.
Saya pun ingat film dan buku motivasi, Rhonda Byrne, The Secret. Film ini ditonton ratusan juta orang di seluruh dunia. Bukunya, The Secret, menjadi bestseller dunia, diterjemahkan dalam 46 bahasa. Di Indonesia, buku dan DVD film itu, seperti kacang goreng, jadi bacaan wajib para entreprenueer ( pengusaha ) dan professional muda.
Salah satu ‘ajaran’ Rhonda Byrne, adalah hukum tarik menarik dan hukum kekuatan pikiran. Berjalan dalam kegelapan bermil-mil, rasanya bukan jadi halangan, bila ada kekuatan yang mengaliri ke semua tubuh, melalui pikiran kita. Kekuatan pikiran bahwa kita BISA, maka akan BISA.
Tidak satupun bayangan akan kegelapan. Tidak satupun bayangan ketakutan. Kekuatan pikiran sudah membentuk bayangan bayangan itu menjadi hal yang biasa dan semuanya berjalan apa adanya. Tidak lagi akan gelap. Di balik kegelapan yang ditakutkan semua orang, ada sedikit sinar yang membuat terang benderang, bila rahasia dalam diri sendiri itu kita pancakan. Itulah rahasia kekuatan pikiran dalam The Secret.
Begitu juga yang ada pada diri Dahlan Iskan. Ketika masuk PT PLN, diboikot dan didemo karyawan karena dianggap tidak memihak karyawan. Kondisi ini adalah krikil-krikil dalam ruang kegelapan. Tapi, sebagaimana ‘Rahasia Kekuatan Pikiran Dahlan Iskan’, kini, PLN terus berubah. Inovasi juga tiada henti. Layanannya pun berubah. Citranya kian membaik, meski belum baik.
Kini, setelah menjabat Menteri BUMN, dukungan untuk menjadi calon presiden juga mengalir. Meski hanya melalui konvensi di Partai Demokrat, kenyataan kans Dahlan Iskan untuk menjadi pimpinan di negeri ini cukup tinggi. Itu politik, lupakan saja. Maksud saya, kembali pada ‘perjalanan’ di balik kegelapan malam tersebut, merupakan rahasia Dahlan Iskan dalam menggapai mimpinya.

Leave a Reply