Portal Berita Favorit

Era digital telah melahirkan lembaga penyiaran online. Sejumlah portal berita di tanah air, telah menjadi tren masyarakat untuk mendapatkan informasi lebih cepat dan akurat. Meski jumlahnya sangat banyak, namun saya sengaja pilihkan lima portal berita yang banyak dikunjungi. Kelima portal berita tersebut saya kategorikan menjadi tiga berdasar kata kunci pencarian.
Analisa ini saya lakukan pada 28 Mei 2014, sekitar pukkul 17.00. Mesin pencari yang saya gunakan adalah google, dengan
pertimbangan mesin pencari yang paling banyak digunakan orang Indonesia. Karena menggunakan google, maka instrumen yang dipakai untuk menilai tingkat favorit adalah Google Page Rank. Penilain ini juga berdasar alexa rank. Sedang tiga jenis keyword yang saya gunakan adalah; portal berita online, berita online dan situs berita. Dari tia kata kunci itu, masing masing ada perbedannya. Sebagian situs berita tidak berada pada lima besar urutan website favorit. Sebagian lagi, masing masing bertengger di tiga kata pencarian.
Misalnya, ketika saya mengetikkan keyword “portal berita online” Urutan lima besar website, ditempati oleh www.antaranews.com
dengan page rank 6 dan alexa rank 5263, www.detik.com dengan nilai page ranknya 6 serta alexa rank 317.
Ketiga adalah www.okezone.com dengan page rank 6 dan alexa rank 1969. Keempat yaitu www.inilah.com berpagerank 5 serta alexa rank 4288, terakhir www.aktual.co dengan page rank3 serta alexa rank 91504
Jika menggunakan kata kunci ” berita online ” maka memunculkan lima portal berita favorit versi google. Diantaranya www.bbc.co.uk/indonesia yang memiliki pagerank 7 dan alexa rank 64, www.kompas.com dengan page rank 6 serta alexa rank 600, www.republika.co.id yang memiliki pagerank 6 dan alexarank 3169. Keempat portal berita www.detik.com dengan pagerank 6 serta alexa rank317. Kelima www.okezone.com dengan pagerank6 dan alexa rank 1969.
Keyword terakhir saya gunakan “situs berita”. Situs berita www.bbc.co.uk/indonesia,tetap menduduki peringkat pertama. Kedua adalah www.detik.com, ketiga www.kompas.com dan keempat www.tribunnews.com dengan pagerank5 serta alexa rank 984. Kelima yaitu www.tempo.co dengan pagerank5 serta alexa rank 2109. Dari beberapa urutan tersebut, yang membedakan adalah google pag rank. Jadi, jika salah
satu website yang memiliki page rank sama namun urutannya berbeda, faktor yang membedakan adalah index google rank. Bukan alexa rank.
Dari tiga kategori kata kunci itu, jelas portal berita BBC Indonesia, paling bagus karena memiliki page rank paling tinggi, yakini 7
dan memiliki elaxa paling ramping yakni 64. Detik.com dan Kompas.com sama sama miliki page rank 6, namun alexa rank-nya masih diatas angka 300-an.
Padahal, kedua website tersebut di tanah air memiliki reputasi yang baik. Sayangnya, reputasi tersebut masih terkalahkan oleh portal berita dari BBC Indonesia, yang memang memiliki repotasi website utamanya di luar negeri.

One thought on “Portal Berita Favorit

Comments are closed.